Organisasi

Posted: Oktober 1, 2010 in Teori Organisai Umum

Kita tentu dalam kehidupan sehari-hari sering mendengar kata “ORGANISASI“, pada kesempatan ini kita akan membahas definisi dan macam-macam organisasi yang ada di kehidupan kita.

♣ Definisi Organisasi :

Organisasi sendiri berasal bahasa yunani  dari kata Organon/alat.  Munculnya suatu organisasi memang tak lepas dari adanya campur tangan-tangan manusia, yang dimana organisasi terbentuk karena adanya suatu tujuan bersama dalam mencapai suatu hal dan bekerja dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tersebut. Di dalam suatu organisasi perlu adanya penanaman sikap kerjasama yang baik, terorganisasi dengan benar, bekerja secara sistematis, terpimpin dan terkendali, juga tak luput dari pengelolaan material.

Itu merupakan definisi luas dari organisasi.

Adapun para ahli  yang menyatakan pendapat mereka masing-masing mengenai apa itu oraganisasi :

  1. James D. Mooney »»» Organisasi adalah suatu bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  2. Chester I. Bernard »»» Organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  3. Stoner »»» Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  4. Stephen P. Robbin »»» Organisasi adalah kesatuan  sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  5. Paul Preston dan Thomas Zimmerer »»» Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
  6. Nancy Dixon »»» inti organisasi belajar adalah kemampuan organisasi untuk memanfaatkan kapasitas mental dari semua anggotanya guna menciptakan sejenis proses yang akan menyempurnakan organisasi.
  7. Peter Senge »»» Organisasi di mana orang-orangnya secara terus-menerus mengembangkan kapasitasnya guna menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, di mana pola-pola berpikir baru dan berkembang dipupuk, di mana aspirasi kelompok diberi kebebasan, dan di mana orang-orang secara terus-menerus belajar mempelajari (learning to learn) sesuatu secara bersama.
  8. Dimock »»» Organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan
  9. Diana Siregar »»» Organisasi belajar adalah organisasi yang mampu melaksanakan proses transformasi pengetahuan secara siklikal-berkelanjutan, dari pengetahuan pekerja sebagai hasil belajar mandiri menjadi pengetahuan organisasi sebagai hasil belajar organisasional, untuk menumbuh kembangkan modal organisasi.
  10. Drs. Malayu S.P Hasibuan »»» suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu, hanya merupakan alat atau wajah.
  11. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro »»» struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  12. Prof Dr. Sondang P. Siagian »»» organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih  yang bekerja bersama serta secara formal terkait dalam rangka pencapaian suatu tujuan  yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut  atasan dan seorang/sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :

  1. Orang-orang (sekumpulan orang),
  2. Kerjasama,
  3. Tujuan yang ingin dicapai,
Dengan demikian organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mengunakan sumber daya yang dimiliki

♣ Macam-Macam Organisasi

••› ORGANISASI SOSIAL

Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat,  pembentukan organisasi Kemasyarakatan :

  • Jalur Keagamaan

||›» contoh : Organisasi Islam,Organisasi Khatolik, Organisasi kristen, Organisasi Budha,dll

  • Jalur Profesi

||›» Contoh : Organisasi kita dalam pekerjaan, dll

  • Jalur Kepemudaan

||›» Contoh : PMI, Parkibraka, dll

  • Jalur Kemahasiswaan

||›» Contoh : Kita bisa ikut dalam Organisasi mahasiswa sesuai jurusan kita (BEM)

  • Jalur Kepartaian & Kekaryaan

||›» Contoh : partai PDIP,Demokrat,PAN,dll

Pada Umumnya Organisasi Sosial terbentuk karena adanya keinginan kuat dalam suatu kelompok untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang seiring dengan perkembanmgan ilmu teknologi dan pengtahuan.


••› ORGANISASI NIAGA

Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan bersama dan mempunyai visi dan misi yang sama juga, Macam-macamnya yaitu :

  1. Perseroan Terbatas (PT)
  2. Perseroan Komanditer (CV)
  3. Firma (FA)
  4. Koperasi
  5. Join ventura
  6. Trus
  7. Kontel
  8. Holding Company

♦ KESIMPULAN :

Dari Pembahasaan Mengenai Organisasi kita dapat menyimpulkan bahwa, Suatu wadah oraganisasi bisa terbentuk karena adanya suatu tujuan atau visi dan misi bersama dalam mencapai tahapan yang dianggap memenuhi, selama organisasi ini bersifat positif.🙂😉😉🙂

♦ SUMBER REFESENSI :


Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s