Organisasi_2

Posted: November 4, 2010 in Teori Organisai Umum

Organisasi terbentuk karena adanya suatu tujuan bersama dalam mencapai suatu hal dan bekerja dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tersebut. Pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

  1. organisasi dalam arti stastis dan organisasi dalam arti dinamis.
  2. Manajemen , organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.

♣  CIRI-CIRI, UNSUR DAN TEORI ORGANISASI

Dalam organisasi juga terdapat ciri organisasi, ada berbagai macam Ciri-ciri organisasi :
  • Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi,
  • Unsur-unsur organisasi lebih lengkap,
  • Penggunaan staf lebih intensif,
  • Kecendrungan spesialisasi,
  • Pengolahan data semakin cepat,
  • Organisasi bertambah besar.

Adapun Ciri-Ciri organisasi yang dikemukakan oleh Max Weber yaitu :

  • Suatu organisasi terdiri dari hubungan-hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan. Blok-blok bangunan dasar dari organisasi formal adalah jabatan-jabatan.
  • Tujuan atau rencana organisasi terbagi ke dalam tugas-tugas, tugas-tugas tersebut disalurkan di antara berbagai jabatan sebagai kewajiban resmi (job description).
  • Kewenangan: melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan (saat resmi menduduki sebuah jabatan).
  • Garis kewenangan dan jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkhis.
  • Sistem aturan dan regulasi yang umum tetapi tegas yang ditetapkan secara formal, mengatur tindakan-tindakan dan fungsi-fungsi jabatan dalam organisasi.
  • Prosedur bersifat formal dan impersonal.  Perlu adanya catatan tertulis demi kontinuitas, keseragaman (uniformitas), dan untuk maksud-maksud transaksi.
  • Adanya prosedur untuk menjalankan disiplin anggota.
  • Anggota organisasi harus memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi.
  • Pegawai yang dipilih utk bekerja berdasarkan kualifikasi teknis.
  • Kenaikan jabatan berdasarkan senioritas dan prestasi kerja.

Pada Unsur-unsur Organisasi Modern pasti akan terdapat :

  • –-> Manusia,
  • –-> Kerjasama,
  • –-> Tujuan Bersama,
  • –-> Peralatan,
  • –-> Lingkungan,
  • –-> Kekayaan alam,
  • –-> Konstruksi Mental Organisasi.

Dalam suatu organisasi terdapat juga suatu teori organisasi yang dimana terdiri dari beberapa macam yaitu :

→• Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)

  • a. Teori Birokrasi

Birokrasi telah dikembangkan dalam berbagai bagian oleh para ahlisosiologi, yang secara luas mengusahakan menjadi suatu yang ilmiah,memisahkannya dari pandangan yang deskriptif. Salah satunya adalahMax Weber yang telah mengembangkan teori Tipe Ideal Organisasiyang disebutnya Birokrasi

  • b. Teori Administrasi

Teori administratif/administasi merupakan komponen kedua dari teori organisasi klasik. Pelopor teoritikus administrasi Mooney dan Reiley menyatakan bahwa organisasi dalam pengertian formal adalah tata tertib, sehinggamembutuhkan pengorganisasian dan prosedur ketatatertiban.

  • c. Teori Manajemen Ilmiah

Pelopor teori manajemen ilmiah adalah Charles Babbage. Ia merupakanorang yang pertama kali menganjurkan prinsip pembagian kerja atausistem spesialisasi. Dia percaya bahwa setiap pekerjaan dalam pabrikharus dipecah sehingga bermacam ketrampilan yang terlibat dapatdipisahkan.

→• Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)

Penerapan teori klasik membuat manusia yang bekerjabagaikan mesin, tidak memperhatikan perasaan. Fokus utama dari teori neoklasik adalah manusia harus dipandang sebagai mahluk yang berperasaan,bukan sebagai mesin saja, seperti pandangan teori klasik. Menekenakan pentingnya aspek psikologis & sosial karyawan.

Teori organisasi neo klasik memiliki 2 macam aliran :

  • (1) aliran perilakudengan pendekatan teoritis dan empiris,
  • (2) aliran kuantitatif.

→• Teori Organisasi Modern

Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan.

♣TIPE & BENTUK ORGANISASI

−→ Tipe Organisasi Piramida mendatar (flat)

ciri-ciri :

  • a.  Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit
  • b.  Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
  • c.  Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.

−→ Tipe Organisasi Piramida terbalik

Organisasi piramida terbalik salah satu unit dari tipe piramida terbalik ialah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja.

Tipe Organisasi

1. Tipe Kerucut ciri-ciri organisasi dari tipe kerucut :

  • a. Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak.
  • b. Rentang kendali sempit.
  • c. Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dapat dilakukan sampai kepada pejabat/pimpinan yang bawah/rendah.
  • d. Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
  • e. Jumlah informasi jabatan cukup besar.

Bentuk Organisasi

• memandang organisasi dari segi tata hubungan, wewenang dan tanggung jawab yang ada oleh organisasi Bentuk-bentuk organisasi :

  • 1. Bentuk Organisasi Staff
  • 2. Bentuk Organisasi Lini
  • 3. Bentuk Organisasi Fungsional
  • 4. Bentuk Organisasi Fungsional & Lini
  • 5. Bentuk Organisasi Fungsional & Staff
  • 6. Bentuk Organisasi Lini &Staff Struktur atau Skema Organisasi

♣Struktur Organisasi

• Pada dasarnya, struktur organisasi terdiri atas beberapa bentuk yang dapat dipilih. Struktur / bagan organisasi memperlihatkan satuan-satuan organisasi, hubungan-hubungan & saluran wewenang & tanggung jawab yang ada dalam organisasi.

Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

Ada Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu :

  1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja
  2. Adanya standardisasi kegiatan kerja
  3. Adanya koordinasi kegiatan kerja
  4. Besaran seluruh organisasi.

KESIMPULAN

Jadi Pengaruh teori klasik yangkuat terhadap pengorganisasian tersebut tetap sangat besar. Efeknya dapat terlihat dalam berbagai seluk beluk organisasi yang sebenarnya.  Selain teori klasik, manajemen pemerintahan sedikit banyak juga dipengaruhi oleh perkembangan teori organisasi neo klasik. Teori ini merupakan jembatan peralihan dari teoriklasik ke teori organisasi modern.

Daftar Pustaka

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s