Daftar Pustaka, Kutipan, dan Catatan Kaki

Posted: September 29, 2011 in Bahasa Indonesia, Pendidikan

Dalam menulis suatu karya/karangan ilmiah tentukita tidak lupuyt dari berbagai aspek didalamnya, berikut ini beberapa aspek yang terkait dalam pembuatan/peracangan suatu karya ilmiah

DaftarPustaka

  • Sebuah daftar yang berisi judul ,buku-buku artikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang digunakan untuk memperjelas pembaca dari mana sumber penulisan tersebut.
  • Dengan adanya daftar pustaka para sarjana serta calon sarjana dapat  melihat kembali pada sumber asli yang membuat tulisan tersebut .
Dengan begitu sudah jelas bahwa fungsi suatu daftar pustaka yaitu sebagai pelengkap, para pembaca agar dapat melihat atau membaca sumber aslinya.
berikut beberapa contoh dari suatu daftar pustaka :
  • Aburrahman, Dudug. 1999. Metode Penelitian Sejarah, Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
  • Alfian. 1983. Pemikiran dan Perubahan Poltik Indonesia, Jakarta; PT Gramedia
  • Anwar, Rosihan H. 2007.  Soekarno, Tentara, PKI, Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia
Kutipan
  • pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh tanda kutip.
  • Merupakan suatu pendapat seseorang bedasarkan apa yang kita baca dengan mata kepala kita, entah itu dari buku, internet, majalah, koran, dll.
  • Tujuan Suatu Kutipan yaitu agar dapat membuktikan apa yang dikatakan, menunjang apa yang diungkapkan .
Kutipan terdiri dari 2 jenis :
  1. Kutipan Langsung
  2. Kutipan Tidak Langsung
Berikut contoh dari suatu kutipan :
Kutipan Langsung
Contoh  :
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf, 1983: 3).
Kutipan tidak Langsung
Contoh  :
Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.
Catatan Kaki (foot note)
  • Menurut wikipedia daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan.
  • Catatan kaki biasanya dicetak dengan huruf lebih kecil daripada huruf di dalam teks.

Sistematika penulisan catatan kaki

  1. Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks.
  2. Catatan kaki diketik berspasi satu.
  3. Diberi nomor.
  4. Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri.
  5. Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin teks biasa (tepat pada margin kiri).
  6. Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya adalah sama dengan jarak spasi teks.
  7. Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah.
  8. Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Lebih baik potong tulisan asli daripada memotong catatan kaki.
  9. Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor 3, cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki.
  10. Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan, berikan keterangan op.cit., lih [x] [x] merupakan nomor keterangan sebelumnya.
  11. Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel, gunakan loc.cit.
  12. Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu, penulisannya mirip daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik.
Referensi :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s