PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

Posted: April 11, 2012 in Tak Berkategori

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

PEMBUATAN GAME PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK  TAMAN KANAK-KANAK

MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5

10109175, STEPHANUS RIAN IRWANDA

BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Teknologi jaman sekarang mungkin membuat sebagian orangtua khawatir dengan perkembangan yang begitu sangat pesat. Kekhawatiran itu muncul terhadap anak-anaknya, sehingga mereka binggung bagaimana caranya memberikan pelajaran-pelajaran yang positif terhadap anak mereka. Salah satu teknologi yang berkembang yaitu komputer. Dengan adanya komputer orangtua bisa mengajarkan kepada anaknya lewat pembelajaran interaktif  yang menarik dan mudah dipahami oleh sang anak. Mengapa perlu diterapkan terhadap anak usia dini, hal ini dikarenakan sebagian dari anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang sungguh sangat kuat di usia dini, anak-anak harus diajarkan pembelajaran yang berbasis komputer dengan sangat menyenangkan sehingga anak dapat belajar sambil bermain. Pada usia dini anak pasti akan menemukan hal-hal baru, dan mereka harus mengenal adanya komputer agar tidak asing dengan teknologi yang berkembang.

Oleh karena itu penulis mencoba membuat game pembelajaran yang sangat interaktif untuk membatu daya tangkapnya. Penulis akan membuat suatu game pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS5 dengan software pendukung Adobe Photoshop CS5 dan Cool Edit Pro 2.1, dengan adanya pembelajaran berbasis game ini diharapkan anak-anak dapat menangkap isi dari game yang penulis buat

 

1.2  Ruang lingkup

Dalam penulisan ilmiah ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara membuat game pembelajaran untuk anak taman kanak-kanak agar dapat membantu menambah daya pikir positif anak dan merangsang otak anak untuk menggunakan akalnya untuk berkreasi dengan apa yang dihadapkannya.

 

1.3  Tujuan Peneilitan

Tujuan dari penulisan ilmiah ini yaitu membuat aplikasi pembelajaran game interaktif  dengan langkah-langkah yang diperlukan menggunakan program Adobe Flash CS5 dengan software pendukung Adobe Photoshop CS5 dan Cool Edit Pro 2.1.

 

1.4  Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode analisis, studi pustaka, uji coba dan implementasi berkaitan dengan software-software yang digunakan.

Spesifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam metode ini adalah :

  • Spesifikasi Software :

–          Adobe Flash Professional CS5

–          Adobe Photoshop CS5

–          Cool Edit Pro 2.1

  • Spesifikasi Hardware (minimum) :

–          Intel ® Pentium ® 4 atau AMD Athlon ® 64 prosesor

–          Microsoft ® Windows ® XP dengan Service Pack 2 (Service Pack 3 disarankan); Windows Vista ® Home Premium, Business, Ultimate, atau Enterprise dengan Service Pack 1, atau Windows 7 .

–          1GB RAM (2GB disarankan).

–          3.5GB yang tersedia ruang hard-disk untuk instalasi, ruang kosong tambahan diperlukan selama instalasi (tidak dapat menginstal pada perangkat penyimpanan removable flash).

–          1024×768 display (1280×800 disarankan) dengan 16-bit video card.

–          DVD-ROM .

–          QuickTime 7.6.2 lunak yang diperlukan untuk fitur multimedia.

  • Peralatan :

–          Printer

–          Microfon

–          Scanner

–          Komputer

1.5  Sistematik Penulisan

Untuk memudahkan penulis dalam membuat penulisan ilmiah, maka pembahasan akan dibagi menjadi 4 bagian utama :

BAB I             : Pendahuluan.

Pada bab ini penulis akan membahas mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematik atau gambaran umum penulisan.

BAB II : Landasan Teori.

Pada bab ini penulis akan membahas mengenai teori-teori game yang berhubungan dengan Adobe Flash CS5, Adobe Photoshop CS5, dan Cool Edit Pro 2.1, mulai dari teori games, teori navigasi, teori Adobe.

BAB III : Analisa dan Pembahasan

Pada bab ini penulis akan membahas mengenai prosedur permainan, struktur aplikasi, langkah-langkah pembuatan game tersebut,  langkah pembuatan animasi, rancangan input/output, dan spesifikasi hardware dan software.

BAB IV          : Penutup

Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran yang telah dibahas pada penulisan ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s